Perpustakaan Digital

| 29-12-2014   12:40:00 WIB | count view (435)

Perpustakaan digital (E-Library) merupakan suatu sistem dan konsep perpustaan yang hadir berkat perkembang teknologi informsi, untuk mengimbangi perpustakaan konvensional yang ada saat ini, dengan adanya konsep ini diharapkan mampu menjadikan perpustakaan yang lebih inovativ serta informatif bagi para member pustaka.

Perpustakaan digital mampu menyajikan layanan dalam berbagai jenis konten dibandingan perpustakaan konvensional yang hanya dalam bentuk cetekan saja, misalkan konten E-library dalam bentuk file berupa format video, Document, PDF dan lainnya.

Jika pada umumnya perpustakaan konvensional menggunakan rak buku sebagai media penyimpanan/penempatan cetakan, maka lain hanya dengan perpustakaan digital yang menggunakan server (Komputer) sebagai media penyimpanan/penempatan bahkan sebagai ruang baca bagi para pengguna.

Perpustakaan UUI (Universitas Ubudiyah Indonesia) sedang dalam masa pengembangan menuju perpustakaan digital, beberapa konten yang sedang dikembangkan adalah katalog digital menggunakan Slims dan repository buku menggunakan Dspace.

Diharapkan kedepan UUI mampu memiliki perpustakaan digital yang bisa menjadi daya tarik pembaca dikalangan kampus, masyarakat Aceh, bahkan rakyat Indonesia.[zm]

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email