Kunjungan Rombongan Librarian Unimap Beserta Supplier dari Malaysia

| 07-02-2015   18:16:48 WIB | count view (621)

Banda Aceh - Rombongan yang berjumlah delapan orang dari Universitas Malaysia Perlis (Unimap) beserta dengan beberapa supplier dari Malaysia melakukan kunjungan selama dua hari ke Universitas Ubudiyah Indonesia, Rabu (28/01). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pengembangan konten dan perangkat perpustakaan di Universitas Ubudiyah Indonesia yang sedang dilaksanakan hingga beberapa tahun ke depan.

Dalam kunjungannya tersebut, rombongan yang dipimpin oleh Puan Mazmin yang merupakan Chief Librarian dari Unimap tersebut melakukan presentasi dan diskusi dengan pihak Ubudiyah terkait dengan pengadaan beberapa konten dalam bentuk elektronik dan perangkat seperti bookdrop untuk mendukung system pengembalian buku, self check untuk system peminjaman dan pengembangan RFID (semua buku diintegrasikan ke RFID untuk memudahkan proses peminjaman dan pengembalian) serta beberapa isu strategis lainnya yang terkait dengan pengembangan perpustakaan tersebut.

“Saat ini, kami sedang berusaha membangun suatu system perpustakaan digital yang terintegrasi dengan RFID yang dapat memudahkan manajemen perpustakaan serta meningkatkan system keamanan dalam rangka mendukung kemudahan pemeliharaan untuk keberlangsungan berbagai koleksi-koleksi yang telah ada,” jelas Kepala Perpustakaan UUI, Zahrul Maizi.

 “Proses digitalisasi akan terus kami lakukan untuk mendukung visi misi Ubudiyah menjadi salah satu World Class Cyber University. Mudah-mudahan dalam beberapa tahun ke depan, system yang sedang dibangun ini tidak hanya dapat diakses oleh kalangan di dalam Ubudiyah saja, akan tetapi juga berbagai kalangan dari seluruh dunia,” lanjutnya.

Pihak supplier buku yang terlibat dalam pengembangan koleksi tersebut diantaranya InterXS Group dan Media Resources, keduanya merupakan supplier yang didatangkan dari malaysia. [zh]

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email