Zenius Live, Platform Efektif untuk Belajar dari Rumah

| 30-03-2020   17:22:43 WIB | count view ()

Zenius Education melakukan langkah revolusioner dalam dunia pendidikan dengan meluncurkan Zenius Live. Hal ini sejalan dengan upaya dukungannya terhadap kebijakan belajar mandiri di rumah dari pemerintah, demi mengurangi penyebaran virus Covid-19.  Zenius mendukung program belajar dari rumah dengan kampanye #IndonesiaTetapBelajar, dengan terus menggratiskan seluruh kontennya dan menjalin kerja sama dengan beberapa provider internet untuk memberikan kuota gratis.  Sesi pengajaran kelas online Zenius akan dipandu oleh tutor Zenius dari berbagai mata pelajaran dan disiarkan secara langsung. Kelas online Zenius juga dilengkapi dengan fitur Live Chat, sehingga siswa dapat berinteraksi dan memberikan pertanyaan kepada tutor saat proses pengajaran berlangsung.  Kelas online live teaching Zenius akan diadakan setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 10.00 WIB. Dalam sehari, akan ada dua sesi ajar. Pertama sesi kelas pagi, dimana proses belajar akan dipandu oleh tutor dari Zenius.  Tutor Zenius juga akan memberikan berbagai latihan soal terkait pendalaman pemahaman siswa terhadap topik yang sedang dibahas.  Pada sesi kelas kedua (doubt solving session) yang akan diadakan pada malam hari, tutor akan fokus membahas pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh siswa di sesi kelas pagi.  Rencana belajar harian akan dikirimkan ke akun Zenius siswa dan orang tua, untuk memastikan belajar mandiri yang lebih terstruktur. 

Menurut Rohan Monga, CEO Zenius Education, interaksi antara guru dan siswa merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kesuksesan proses belajar mengajar. Oleh karena itu Zenius membuka kelas live teaching yang sifatnya gratis dan mudah diakses seluruh pelajar Indonesia.  “Dengan proses pengajaran yang disiarkan langsung dan dilengkapi dengan Live Chat, kami berharap para siswa lebih semangat belajar dari rumah karena adanya pengalaman yang berbeda,” Ujar Rohan.  Layanan kelas online ini pun dapat diakses melalui aplikasi, website, dan youtube Zenius Education. 

Saat ini, Zenius juga menyediakan akses ke bank latihan soal terbesar untuk bahan pembelajaran mandiri siswa. Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.  “Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur. Kami berharap dapat membantu lebih banyak pelajar, pembelajar, dan guru di seluruh Indonesia terutama di masa-masa kritis ini,” tutup Rohan.

Terhitung hingga Maret 2020, Zenius memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional. Video pembelajaran berisi materi yang menekankan pemahaman konsep, latihan soal, serta pembahasan kumpulan soal-soal UN.  Seluruh materi ajar ini dapat diakses secara gratis dalam program #SemuaBisaZenius yang diluncurkan pada Desember 2019 silam. Semua informasi mengenai zenius bisa diakses melalui www.zenius.net.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zenius Live, Platform Efektif untuk Belajar dari Rumah", https://biz.kompas.com/read/2020/03/24/202112828/zenius-live-platform-efektif-untuk-belajar-dari-rumah.



Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email