Koleksi unik WW2 Universitas Cambridge dipamerkan di New York

| 24-01-2015   15:50:25 WIB | count view (514)

Sebuah koleksi unik karya sastra yang diterbitkan setelah Jerman mundur dari tanah Prancis yang dimiliki oleh Cambridge University Library (UL) saat ini dipamerkan pada New York’s Grolier Club, komunitas masyarakat America tertua dan terbesar untuk para penggemar buku (bibliofil) dan penggemar seni grafis.

Karya tersebut akan dipamerkan sampai tanggal 1 Maret 2015 ini. Pameran tersebut menghimpun lebih dari 600 koleksi buku, kartun, majalah, foto dan rekaman piringan hitam yang disumbangkan untuk UL oleh kolektor, Sir Charles Chadwyck-Healey. Pada Mei – Oktober 2014, banyak item Chadwyck-Healey Liberation Collection juga dipamerkan untuk umum pada pameran UL Literature of the Liberation: The French Experience in Print 1944-1946 dan sekarang para penggemar di AS juga memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana respon dunia sastra terhadap liberisasi di Paris.

Setelah pendudukan selama empat tahun, Paris dibebaskan pada tanggal 25 Agustus 1994. Segera setelah pembebasan itu, para penulis, seniman, fotografer dan pembuat film berusaha untuk menangkap semua pengalaman tersebut.

Chadwyck-Healey berkata: “Hari-hari, minggu-minggu dan bulan-bulan setelah pembebasan tersebut menjadi waktu yang sangat luar biasa bagi orang-orang di Prancis. Pendudukan dan pembebasan merupakan peristiwa-peristiwa dahsyat dalam sejarah Prancis.  Mereka harus mengobati bekas luka atas kekalahan yang luar biasa, hidup dengan warga Jerman dan selanjutnya menghadapi para sekutu yang melakukan sweeping ke seluruh negeri. Semua hal tersebut memiliki pengaruh yang mendalam terhadap jiwa nasionalisme mereka.”

“Banyak koleksi tersebut berisi tentang rasa malu, namun hal yang mengejutkan adalah sisi humornya, ironi dan kutukan-diri.  Setelah pembebasan, semenjak pertama kali kebebasan, ada limpahan material yang luar biasa.”

Untuk melihat pameran Literature of Liberation di UL, anda dapat menungunjungi pameran virtualnya dengan klik di sini (https://exhibitions.lib.cam.ac.uk/liberation/). [zh]

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email